Kadivre Perhutani Jatim Pimpin Rakerda APIDA Jatim

Nasional89 Dilihat

JOGOJATIM. Surabaya – Rakerda APIDA Jatim (Rapat Kerja Daerah Asosiasi Perlebahan Indonesia Daerah Jawa Timur) perdana dibuka secara resmi oleh Kadivre Perhutani Jatim, Karuniawan PS. Kamis (28/7/2022), diruang Cendana Graha Perhutani Surabaya.

Karuniawan PS yang dikukuhkan beberapa waktu lalu sebagai ketua umum APIDA Jatim, menjelaskan kronologis hingga terbentuknya APIDA Jatim, dan tujuan digelar Rakerda dalam rangka menentukan arah kebijakan organsiasi.

“APIDA bukanlah organisasi yang mencari profit namun organisasi nirlaba yang sifatnya kemanusiaan pengabdian kepada masyarakat, khususnya mereka para praktisi yang bergelut dengan dunia usaha Perlebahan di Indonesia. Hal itu sejalan dengan komitmen para anggota APIDA Jatim, semakin menegaskan tekad, ‘Jatim Unggul’. Jatim sebagai pusat studi lebah dan standarisasi produk lebah nasional,” terangnya.

Menyadari betapa pentingnya mutu produk madu tanah air yang terus mengalami fluktuatif khususnya dari sisi produksi, menurut Karuniawan, perlu adanya langkah kongkrit atau aksi nyata di lapangan agar potensi madu tetap terjaga produknya, survive ditengah persaingan global.

“Untuk itu perlu memberikan edukasi kepada para pelaku budidaya madu yang ada di wilayah Jatim,” ungkapnya.

Dari Tim Industri, bidang Inovasi dan Pemasaran Produk merencanakan, dalam aksinya akan menggandeng pemerintah untuk membangun area budidaya guna mendukung suplai bahan baku agar supaya berkelanjutan, dengan memanfaatkan program pemanfaatan Perhutanan sosial.

“Selain itu hal fundamental yang dibangun adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah melalui media traning, webinar. Agar para pelaku usaha ini dapat menguasai, budidaya, produk knowledge, jiwa kewirausahaan serta penguasaan dalam hal regulasi dan perijinan, strategi dan teknik pemasaran digital marketing,” pungkas Karuniawan. @red.