Nikmat Syukur di Bulan Ramadan PLN UIP JBTB Gelar PLN Mengajar

Nasional97 Dilihat

Surabaya. Jogojatim – Bulan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu. Dalam rangka menikmati Syukur di Bulan Ramadan, serentak PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) melalui Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Timur dan Bali (UPP JBTB) yaitu UPP JBTB 1, UPP JBTB 2, UPP JBTB 3 dan UPP JBTB 4 yang berada di Pulau Jawa dan Bali melaksanakan PLN Mengajar.

Keempat UPP JBTB ini melaksanakan PLN Mengajar serentak di Minggu kedua April pada 4 lembaga pendidikan yang berbeda. Diantaranya Sekolah Luar Biasa untuk Anak Tuna Grahita SLB-C Wiyata Dharma 2 Sleman, Yayasan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Gresik, Lembaga Pendidikan Mamba’ul Himah Karangploso Malang dan Yayasan Tunas Bangsa Washliyah Denpasar Bali menjadi lembaga pendidikan dan panti yang dipilih PLN UIP JBTB untuk mengajar.

Puluhan insan PLN turun langsung dalam proses belajar mengajar yang diharapkan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Metode dan pokok bahasan mengajar juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lembaga pendidikan dan panti. Aura kebahagiaan dan antusiasme terpancar elok pada para anak-anak panti serta anak-anak sekolah. Pun pada insan PLN tergambar wajah haru yang menggambarkan kepedulian yang amat sangat pada sekitar.

Selain melakukan pengajaran secara langsung, PLN juga memberikan bantuan pendidikan kepada masing-masing Lembaga Pendidikan/ Panti berupa bantuan sarana dan prasarana pendukung pendidikan yang diharapkan dapat mendukung para siswa dalam peningkatan kualitas proses belajar-mengajar.

Ketua Yayasan Panti Asuhan Muhammadiyah, Kasmuhin, salah satu penerima manfaat bantuan pendidikan ini, mengungkapkan apresiasinya kepada PLN atas bantuan yang didapat oleh Panti Asuhan Muhammadiyah. Lebih Lanjut Kasmuhin menerangkan bahwa selama ini Panti Asuhan menunggu uluran tangan dari dermawan untuk memberikan bantuan termasuk di ranah pendidikan agar para anak-anak panti yang sudah dalam usia sekolah dapat terbantu mengingat sekarang ini kita ada dalam era digital.

General Manager PLN UIP JBTB, Anang Yahmadi menuturkan bantuan program pendidikan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia di Bulan Ramadan ini. Dan untuk PLN UIP JBTB melalui UPP JBTBnya memilih melakukan Program PLN Mengajar yang diselaraskan juga dengan pemberian bantuan sarana dan prasarana pendidikan. PLN UIP JBTB meyakini dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar siswa lembaga pendidikan dan anak-anak panti.

“Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat tentunya selalu didukung oleh PLN. Selama ini PLN telah memberikan berbagai program pengembangan terhadap masyarakat lewat program PLN Peduli. Sikap Peduli merupakan salah satu penerapan dari Budaya Insan BUMN. Untuk kali ini, PLN UIP JBTB memilih program PLN Mengajar yang disinergikan juga dengan pemberian sarana dan prasarana pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lembaga pendidikan maupun panti. Dengan adanya PLN Mengajar sekaligus memperkuat kepedulian insan PLN dengan masyarakat serta dapat menguatkan ikatan insan PLN dengan masyarakat. Dengan tindakan sederhana ini menjadi langkah nyata bahwa PLN hadir untuk bangsa.”

Lebih lanjut diterangkan Anang bahwa program seperti ini membawa dampak positif baik kepada anak Panti serta siswa lembaga pendidikan dan juga kepada insan PLN. Tidak hanya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui perkuatan keandalan kelistrikan, namun juga secara nyata melayani masyarakat juga lewat tindakan kepedulian seperti pemberian bantuan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) yang diwujudkan dalam berbagai program secara berkala. (Maf)