Rapat Program Sosialisasi Penyediaan Air minum Berbasis Masyarakat

Daerah225 Dilihat

JOGOJATIM, Sidoarjo – Rapat sosialisasi Pamsimas (program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat) di Desa tarik kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo di Balai Desa Tarik (30/04/2021).

keluhan warga berupa kurangnya sosialisasi di masyarakat dalam penentuan titik untuk tempat penampungan air warga merasa kurang dilibatkan dan pada dasarnya warga tidak keberatan dengan adanya proyek Pamsimas.

Tujuan dengan  adanya program air bersih ini, ingin mengajak masyarakat agar  bisa terlayani air bersih dgn harga yang murah dan terjangkau yang bisa dikelolah oleh masyarakat itu sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri.

Apabila masyarakat bisa untung dgn jual harga Rp. 1000  silahkan, jadi tujuan pemerintah ini baik untuk masyarakat tapi memang butuh sosialisasi yg lebih dalam lagi dan pro kontra itu hal yang biasa dalam suatu kebijakan, tapi apabila program ini dapat berjalan dampak positif akan terasa bagi masyarakat.

Tapi kalau ada dari  masyarakat yang kritis atau kurang sependapat mungkin hanya belum paham faedah yang akan didapat, untuk teknis pengeboran dan penentuan titik lokasi itu menggunakan alat canggih geolistrik juga harus teliti untuk menentukan satu titik agar mendapatkan sumber air yang benar benar bersih dan murni.

Alat yg di gunakan untuk survey untuk titik lokasinya berada di lapangan desa itu masih TKD (tanah kas desa), dan kami berharap program ini benar benar berjalan, karena ini adalah program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat desa makanya kami tidak menyangka kalau dalam  program ini mendapatkan penolakan dari beberapa warga.

Program ini sudah di lakukan sosialisasi sebanyak 3 kali dan menjadi polemik seperti ini.

program ini sangat bagus sekali karena yang diharapkan pemerintah tidak akan mengeluarkan anggaran terlalu besar, karena masyarakat juga terlibat dalam pembangunan itu, harapan yang bagus masyarakat turut serta  berpartisipasi dalam tumbuh kembangnya daerah mereka masing-masing ” Ujar Singgih konsultan desa tarik.

Sementara (PJ) Kepala Desa tarik Udik Muzayyin  mengatakan “Alhamdulillah  rapat sosialisasi Pamsimas sudah terlaksana kami berharap program ini bisa berjalan sesuai rencana dan tadi  masukan dari beberapa  warga khususnya warga yang terdampak semoga menjadi  bahan pertimbangan buat kami untuk menentukan titik lokasi pengeboran”.(fajar)