Pemdes Lambangan Kecamatan Wonoayu Komitmen Kampanyekan Stop Buang Air Besar Sembarangan

Pemerintahan181 Dilihat

JOGOJATIM, Sidoarjo – pemerintah Desa (Pemdes) Lambangan Kecamatan Wonoayu berkomitmen mengkampanyekan kepada masyarakat agar stop buang air besar sembarangan menuju lingkungan sehat dan bersih.

Upaya pemberdayaan masyarakat selalu di kampanyekan oleh pemerintah, sehingga diharapkan dapat memberikan kemandirian dalam bidang kesehatan.

Dengan pemberdayaan, masyarakat diharapkan menyadari akan pentingnya masalah kesehatan dan mampu melakukan upaya-upaya Promotif dan Preventif khususnya masalah sanitasi lingkungan.

Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat berupa partisipasi masyarakat seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Wonoayu yaitu Kegiatan Pemicuan STBM Di Desa Lambangan, Minggu (28/11/2021). dalam mewujudkan Komitmen mendukung Gerakan Kolaborasi Mengentaskan dan Mencegah Anak Stunting di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Desa Lambangan Mulyanto mengatakan bahwa partisipasi masyarakat bukan hanya melibatkan masyarakat dalam pembuatan keputusan di setiap program pembangunan, namun masyarakat juga dilibatkan dalam mengidentifikasi masalah dan mengali potensi yang ada di masyarakat.

“Dengan mengidentifikasi sendiri masalah kesehatan masyarakat dapat bersama-sama mencari solusinya karena tanpa partisipasi masyarakat setiap kegiatan pembangunan akan gagal sehingga masalah kesehatan akan menjadi sebuah kebutuhan” katanya.

Pemicuan STBM ini bertujuan untuk menuju perilaku hidup bersih dan sehat, melalui Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBAS).

“Kami berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan masyarakat dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan cakupan sanitasi melalui pengembangan keluarga” tandasnya.

Jurnalis : Ulum Fajar Setiawan