Didi Sungkono S.H.,M.H., : Pejabat Desa yang Gelapkan Uang Pajak Rakyat Harus Dipidanakan

Daerah, Investigasi391 Dilihat

???? ????????.?.?.,?.?., ???????? ??????? ??????? ????? ????? ???????? ???? ?? ????? ???????????? ??????? ???????? ??????? ???? ???? ???????? ???? ????? ??????????, ?????? ???????? ???????????, ” ??? ???? ???? ?? ????? ??????, ?????? ????? 372,378 ???? ?????????? 4 ??ℎ?? ??????? ??? ???? ???? ?? ????? ?????? ?? ?? 31 ??ℎ?? 1999 ??????? ?????? ??????? ??????????? ?? ???ℎ ??????? ?? ?? 20 ??ℎ?? 2001 ??????? ?????? ???????, ℎ???? ?? ???????? ?????? ??????, ????? ???? ???? ?? ???????? ?? ??????? ?????? ???? ???? ???? ??? ???? ????????? ?????????, ????? ??? ????????? ???, ?????????? ℎ???? ?????? ???????, ????? ???ℎ ????? ????? ???? ?? ????? ℎ????, ????? ??? ???? ????? ℎ????, ?????? ??? ????????? ℎ???? ????? ?????? ???, ???? ????? ??????? ?????????? ?????? ??????? ??????? ???, ?????????? ????ℎ ?????????, ???? ??? ?? ???? ????? ????? 19 ????? ????, ???????? ℎ???? ?????? ???? ???? ????? ??? ??????????? ℎ????” ???? ???? ???????? ???? ???? ???????? ?????? ???? ℎ???? ?? ????ℎ ???? ??????????? ??????? ?? ????????

JOGOJATIM. Mojokerto – Siapa yang tidak mengenal Kepala Dusun Desa Kauman bernama ” Alim ” namanya tidak se alim kelakuannya, bagaimana tidak kini KASUN atau yang sering disebut POLO ( panggilan didesa ) terancam masuk hotel prodeo alias penjara, karena kelakuannya yang tidak patut dan layak ditiru dirinya sebagai pimpinan, pejabat desa yang dipercaya masyarakat harusnya bisa amanah,bisa diteladani lah kok ini malah menggelapkan uang pajak bumi dan banguna,” Kami sudah curiga sejak awal dia tidak bekerja , tiba tiba bisa beli mobil baru jenis Expander, logika nya darimana, kalau pun itu nyicil, uang darimana , karena angsuran nya pasti diatas 5 juta rupiah tiap bulannya ,” Urai JRS warga dusun Kauman .

Perkara ini bermula dari warga dusun kauman kecamatan bangsal kabupaten mojokerto yang akan mengikuti program PRONA atau PTSL ( pendaftaran tanah sistem lengkap ) yang mana pembayaran SPPT atau PBB ( pajak bumi dan bangunan ) yang di titipkan ke pak ALIM yang menjabat sebagai KASUN tidak disetorkan kepada negara, perkara ini terkuak ketika puluhan warganya mengajukan pengurusan PTSL ditagih oleh petugas Dispenda ( pajak ) untuk melunasi pajak PBB sebelum mengajukan PTSL dan ketika melalui data di komputer ternyata muncul nama-nama puluhan warga yang belum melunasi selama ini dengan nilai yang bervariasi tergantung luas tanah dan bangunannya.

????ℎ ??? ????? ???? ??????? ???? , ??????? ???? ????????? ???????? ????? ?????????? ?????? ????? ??? ????????,??????? ??????? ???? ℎ??????? ???????? ?????????? ??? ??????????,???? ?????????? ????? ????ℎ ????ℎ????? ??? ???????????

Kami sangat kaget dan meminta pertanggungjawaban dari pak Kasun yang bernama ALIM ini ,” ungkap AYG warga setempat, Pengamat hukum dari Surabaya Didi Sungkono .S.H.,M.H., saat diminta tanggapannya kepada wartawan menyampaikan,’ kejahatan seperti ini tidak bisa di biarkan karena sudah termasuk penipuan dan penggelapan , apalagi yang melakukan adalah seorang pejabat Desa yang mana tupoksi nya jelas diatur dalam undang undang desa, banyak yang sudah mafsuk hotel prodeo karena gelapkan pajak PBB itu juga bisa dipidanakan dan dijerat dengan UU No 31 Tahun 1999 Tentang Pidana Korupsi, sebagaimana diubah menjadi UU No 20 Tahun 2001 Tentang pidana Korupsi, biar ada efek jera, walaupun warga tidak melapor inspektorat kabupaten harus turun tangan adakan penyelidikan, kerja sama dengan intelejen Kejaksaan, kalau pidana penggelapan nya bisa dilaporkan ke Polres setempat, bilamana uang dari masyarakat dibelikan barang atau tanah bisa disita untuk dijual dan menutupi nilai yang telah digelapkan,” Ujar Didi Sungkono.

Kejadian ini sudah berlangsung lama dan sangat meresahkan warganya , ibarat singa berbulu domba, atau ibarat pagar makan tanaman, gencarnya pemerintah dan BPN yang sudah bersinergi untuk memberantas kejahatan mafia tanah dan pungli, lha kok malah dengan seenaknya sebagai perangkat desa yang seharusnya jadi panutan warganya justru malah berbuat hal tidak terpuji,kami segera akan laporkan ke aparat penegak hukum,biar ada tindakan ,” Urai warga desa lainnya.

?????? ????? ???? ???? ???? ?????? ???? ??????? ???? , ???? ????? ?? ???? ???????????, ????ℎ ???? ???? ??????? ????? ???? ????? ????, ????? ???????, ?????? ??????? ???????,???? ??????ℎ??? ??????????,????? ?????? ????? ???????????? ???? ?????????? ℎ??????? ?????? ???????????? ?????? ?????????? ????? ????ℎ ????ℎ????? ??? ????ℎ?????

berdasarkan investigasi wartawan berita patroli di lapangan , untuk pulbaket sudah banyak data-data dan bukti rekaman beberapa warga yang resah dengan tindakan aparat desa yang bernama ALIM yang menjabat sebagai Kadus ( kepala dusun ) secara terpisah saat wartawan berita PATROLI melakukan konfirmasi kepada Kadus yang bernama ALIM melalui sambungan telepon, terdengar nada sambung tetapi tidak diangkat, baru pagi sekira pukul 07.00 hari Sabtu, ALIM telepon balik wartawan berita patroli dan mengatakan bahwa dirinya tadi malam lagi ngaji tidak bisa terima telepon lalu dia bicara bahwa dirinya mengakui perbuatannya bahkan sempat bicara bahwa dirinya juga seorang wartawan anak buahnya hartono salah satu media lokal ,dikabupaten mojokerto ,” Sudahlah pak kalau bisa masalah ini diatur saja dan kita ketemu berdua di luar” ucap alim yang mau mediasi pada wartawan berita patroli supaya kasusnya tidak di publikasikan.

masyarakat berharap polsek bangsal sebagai pemangku wilayah sebenarnya harus tau tentang masalah ini melalui babinkamtibmas yang selalu keliling mencari data informasi dari warga sekitarnya untuk di tindak lanjuti.

????? ???? ????? ????? ???? ???? ????? ?????? ???? ???? ???????????? ????? ???, ???? ??? ????? ℎ???? ?????? ?????????????????????? ???????? ??? ???????????? ??????? ????? ??? ???? ??????? ℎ????,?????????? ???? ????ℎ ?????? ???? ??? ????? ?????????? ?? ?????? ???ℎ ??? ????? ??????? ????.

Sekedar masyarakat ketahui nama HARTONO yang disebut ALIM sebagai wartawan setelah dilidik oleh wartawan berita PATROLI nama tersebut tidak terdaftar di PWI, atau KWRI atau SWI ,atau organisasi PERS lain nya dan HARTONO ternyata tukang service pompa air, jadi patut diduga nama tersebut adalah oknum wartawan Gadungan atau Bodrex @Red

(Berita di kutip dari media Berita Patroli.co.id tayangan yang berjudul Didi Sungkono.S.H.,M.H., : Pejabat Desa yang Gelapkan Uang Pajak Rakyat Harus Dipidanakan)