Jembatan Kali Centel Rusak Parah, Hingga Warga Pasang Cor Pembatas Dan Portal

Daerah203 Dilihat

JOGOJATIM. Sidoarjo – Warga Desa Semampir Kecamatan Sedati khususnya dan pengguna jalan yang melintasi jembatan kali centhel prihatin dengan kondisi jembatan yang tidak layak pakai.

Diketahui jembatan tersebut yang dibangun swadaya masyarakat sejak tahun 1994 merupakan jembatan yang menjadi salah satu Pakses jalan penduduk yang berbatasan dengan desa Tambak Sawah.

Selain itu, jembatan yang setiap hari dibuat lalu lalang masyarakat kawasan tersebut juga sebagai akses perekonomian warga.

Sayangnya, kondisi jembatan yang tidak layak tersebut tidak segera di respon dari pemerintah.

Ketidak layakan jembatan ini dapat terlihat dari adanya lobang dan kondisi jembatan yang nampak rendah.

Dikhawatirkan bangunan ini akan roboh dan menimbulkan korban jiwa.

Kepala Desa Semampir, Luqman Mualim mengatakan, ” jembatan desa merupakan akses terpenting bagi warga, karena bisa memperpendek jarak tempuh menuju area industri yang berada di daerah Tambak sawah dan sebaliknya menuju Bandara Juanda. Akan tetapi pada saat ini kondisi jembatan sudah tidak layak lagi di lewati kendaraan yang bertonasi berat, karena rapuhnya kontruksi jembatan dan adanya lobang yang sangat besar di sisi jembatan Jumat (23/7)

Sudah lima tahun jembatan tersebut dibiarkan dengan kondisi seperti itu. Hanya beberapa kali saja dilakukan penambalan, itupun tidak cukup untuk memperbaiki nya bahkan kini kondisinya sangat mengkhawatirkan.

Padahal sejak 2019 sudah pernah diajukan ke Musrenbang tingkat kecamatan bahkan Pemdes Semampir telah resmi mengajukan proposal ke Pemerintah Daerah dalam hal ini Kabupaten Sidoarjo namun belum ada perbaikan.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dan menekan angka kecelakaan, maka setelah dilakukan musyawarah dengan pemdes Tambaksawah dan beberapa masukan dari berbagai pihak maka kami buatkan portal Dengan ketinggian 2,5 meter dan pemasangan drum cor.

Setidaknya dapat meminimalisir kendaraan yang bertonase berat melintas. Demi keselamatan dan kenyamanan kita bersama. Dan berharap pemerintah melalui dinas terkait segera memperbaiki jembatan kali centhel”. Pungkasnya

Hal senada juga disampaikan oleh Bayu, salah satu pengguna jembatan yang sedang melintas. Ia mengatakan jika warga sekitar selalu merasa was-was melintasi jalan tersebut.

Untuk itu penguna jalan harus berhati – hati setiap melintas di jembatan tersebut khususnya bagi kendaraan yang bertonase berat jangan melewati jembatan, lebih baik memutar walaupun agak jauh yang penting selamat.” ucapnya. (Red/ fajar)