Hati-hati Penipuan Online Modus Harga Murah, Wartawan Jadi Korban

Peristiwa48 Dilihat

Surabaya, Jogojatim.com – Salah satu warga Surabaya mengalami korban penipuan, Usai lakukan pemesanan barang melalui aplikasi online, Warga berinisial JFS selaku konsumen profesi wartawan hukum mengaku kecewa, Barang dikirim tidak sesuai pesanan melainkan sandal jepit bekas yang diterima. Pada Kamis (8/8/2024).

Ironisnya, Toko online yang menawarkan produk Mikrofon Wireless sesuai tercantum nama pada aplikasi “Toko Marevano Audio22” dibandrol harga Rp 136. setelah paket diterima tidak sesuai tak lama kemudian Toko tersebut sudah tidak bisa dihubungi lagi, Melainkan tertulis pesan Toko telah dihapus dan diblokir.

“Toko ini telah dihapus/diblokir/dibatasi dari Shopee,”berikut keterangan yang tampil ketika diklik.

Saat itu juga, Konsumen melakukan komplain melalui layanan pengaduan pada pihak Shopee, Customer Service (CS) langsung cepat melayani pengaduan serta akan melaporkan ke tim Shopee.

Sebagai korban, warga surabaya tersebut berpesan kepada masyarakat, Meski mengakui tidak semua penjual online berperilaku sama namun diharapkan agar berhati-hati.

“Saya berharap kepada masyarakat agar tidak menjadi korban seperti saya, Supaya berhati-hati dalam memesan barang, Jangan tergiur harga murah pastikan merek dan jumlah isi paket yang ditawarkan Toko berdomisili di Jakarta Timur, dalam hal ini hanya mencarikan dagangannya masuk akal atau tidak, Toko mengupload dagangannya di aplikasi sehingga pihak penyedia lapak dagangan dalam hal ini Aplikasi tidak dapat disalahkan,”kata JFS meminta namanya diinisialkan.

Korban merasa heran, Terdapat pada Resi pesanan yang tertulis ada 2 nomor HP terkesan pihak toko namun hal itu fiktif.(Red )