Prof Oscar Nilai Kliennya Layak Diputus Bebas Meski Menghormati Hakim Vonis Percobaan

Nasional41 Dilihat

Surabaya, Jogojatim.com – Penasehat hukum Robert Simangunsong, Advokat Prof.Dr.Oscarius Y. A Wijaya,SH,MH,CLI, tanggapi putusan hakim sebut menghormati putusan majelis, Namun harapan sebelumnya terdakwa layaknya dibebaskan dalam perkara dugaan menggunakan gelar Akademik.

Prof.Oscar biasa dipanggil, Saat didepan wartawan menyikapi vonis hakim meski pidana penjara selama 5 bulan dengan percobaan 10 bulan, dan denda Rp 50 juta subsider pidana kurungan selama 3 bulan.

“Saya menghormati dan menghargai putusan Hakim. Karena adalah _ius curia novit_ atau orang tahu hukum,” ucap Oscar, panggilan karibnya, seusai sidang pembacaan putusan Terdakwa Robert Simangungsong di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (5/8/2024) siang.

Namun sebagai PH-nya, ia kurang puas karena waktu Robert Simangunsong menggunakan ijazah itu (Magister Hukum Islam) Undar (Universitas Darul Ulum) Jombang ada dasarnya seperti dari segala argumentasi yang saya kemukakan di hadapan rekan-rekan maupun di persidangan.

“Perkara ini hanya permasalahan administratif saja,” tandasnya.

Disinggung apakah Hakim mengabaikan ijazah S2 Magister Hukum Islam dari Undar Jombang dan Permenag (Peraturan Menteri Agama) Nomor 33 Tahun 2016 Tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan dan perubahannya, Profesor Hukum ini membenarkan hal itu tidak dihargai dan dipertimbangkan oleh Hakim

“Tapi tidak masalah, karena masih ada upaya lain,” ujarnya optimistis.

Oscar menambahkan dirinya selaku PH menilai Terdakwa layak mendapatkan putusan bebas (_Vrijspraak_) atau minimum putusan lepas (_Onslag van recht vervolging_).

“Masalah banding atau tidak nanti saya rundingan dengan tim,” kata ketua tim penasehat hukum dihalaman pn.(prz/red)