PYCH Saring Penyanyi Berbakat untuk Tampil di Papua Street Carnival

Nasional58 Dilihat

Papua, Jogojatim – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI akan menggelar acara Papua Street Carnival di sekitar kantor Gubernur Papua pada awal Juli 2023. Acara ini berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN). Kemenparekraf juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk memastikan suksesnya Papua Street Carnival tersebut.

Rangkaian pra-event Papua Street Carnival telah dilaksanakan, salah satunya audisi bernyanyi yang diikuti oleh puluhan penyanyi berbakat asal Papua. Setelah proses audisi yang ketat, terpilih tujuh peserta yang berhasil maju ke tahap selanjutnya. Para peserta ini akan menerima bimbingan dan pelatihan untuk mempersiapkan penampilan mereka pada puncak Papua Street Carnival.

Salah satu peserta yang lolos, Marshanda Imbiri (21) mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaannya atas keberhasilannya dalam acara ini. Baginya, ikut serta dalam Papua Street Carnival adalah kehormatan luar biasa.

“Rasa senang, gugup, rasa tra (tidak) sangka bisa ikut audisi sebesar ini. Saya senang, bangga sama dan bersyukur,” ujar Marshanda dalam keterangan tertulis, Senin (3/7/2023).

Ia mengaku bersemangat untuk memberikan penampilan terbaik kepada penonton yang hadir.

“Harapan saya ke depan biar bisa maju terus untuk menjadi kebanggannya Papua. (Saya) pengen sekali (jadi penyanyi),” tuturnya.

Selain Marshanda, peserta lainnya yakni Ino Kyeukyeu (25) juga mengungkapkan kebanggaannya karena telah lolos di ajang besar tersebut.

“Ini sangat luar biasa diadakan audisi dalam rangka Papua Street Carnival. Ini adalah sebuah ajang yang akan menunjukkan bakat-bakat anak Papua,” ucapnya.

Ia mengakui persaingan dalam audisi sangat ketat karena banyak anak Papua yang memiliki bakat luar biasa.

“Harapan saya acara ini akan terus ada dan akan ada lagi event-event besar yang menunjukkan bakat asli anak Papua,” ungkap Ino.

Kehadiran banyak peserta berbakat membuat Papua Street Carnival semakin meriah dan memukau. Acara ini diharapkan dapat menjadi panggung bagi pemuda Papua untuk bersinar dan berkontribusi memperkenalkan budaya serta potensi pariwisata Papua kepada dunia.

Papua Street Carnival melibatkan ribuan pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias hingga karnaval. Mereka akan menampilkan berbagai karya dan warisan budaya Papua yang kaya, indah, dan unik.

Dengan partisipasi aktif anak muda Papua, desainer, seniman, dan pelaku ekonomi kreatif lainnya, acara ini berpotensi menjadi ikon pariwisata Papua. Harapannya, pagelaran tersebut akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, berdampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia. Seluruh elemen acara dirancang mencerminkan kekayaan budaya Papua sehingga para peserta dan penonton dapat merasakan keindahan warisan tradisional tersebut.

Presiden Jokowi dan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno direncanakan akan hadir di Papua Street Carnival. Diketahui, Presiden Jokowi telah menunjukkan perhatian besar terhadap masyarakat Papua dengan mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Papua. (red)