PLN Mengajar: Sentuh Sekolah Anak Usia Dini

Nasional77 Dilihat

Surabaya. Jogojatim – PT PLN (Persero) melalui unitnya PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali lakukan PLN Mengajar kepada Sekolah Anak TK Al Hikmah. Kegiatan yang dilaksanakan di awal puasa ini diikuti oleh puluhan siswa-siswi TK Al Hikmah dengan antusias.

Otong Sugiyono, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBTB menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai bukti konkrit dari kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar dan terhadap generasi penerus bangsa. Kami mengajarkan anak-anak mengenai hal-hal dasar aplikasi sederhana bagaimana cara menggunakan listrik pada kegiatan sehari-hari, mengenalkan alat-alat kelistrikan yang tentunya aplikasinya sederhana disesuaikan dengan usia mereka.

“PLN mengajar ini kami lakukan kepada anak TK sebagai upaya kepedulian, materi pembelajarannya tentu saja sangat sederhana dan mengikuti kemampuan dari anak-anak usia dini. Dalam sesi akhir pengajaran, siswa TK Al hikmah juga secara aktif menunjukkan hasil karya tempat pensil buatan mereka sendiri serta mengunjungi pegawai dan mengucapkan selamat berpuasa sebagai langkah sederhana dari Syiar Ramadan, bertepatan dengan acara ini bertepatan dilaksanakan di Bulan Ramadan.”, ucapnya.

Lebih lanjut Otong menambahkan, melalui kegiatan ini para pekerja PLN turut bahagia melihat senyum keceriaan di wajah para siswa TK Al Hikmah yang sangat antusias menonton video penjelasan mengenai kelistrikan serta saat berinteraksi dengan para pekerja kami. Otong menyebutkan bahwa kepedulian ini menjadi salah satu penerapan dari budaya PLN serta sumbangsih PLN terhadap sekitar.

“Kepedulian tidak harus dilihat dari pengajaran terhadap siswa yang berusia sudah besar, namun termasuk pengajaran terhadap anak usia dini. Sejak kecil mereka diajarkan bertahap mengenai dasar kelistrikan. Harapan kami, mereka semakin besar dapat semakin cakap dalam pemakaian alat kelistrikan sehari-hari dengan cara yang benar”, ungkap Otong.

Puluhan siswa TK Al Hikmah juga mengikuti dengan antusias serta diiringi dengan gelak tawa keceriaan sambil belajar. Tidak lupa beberapa kuis dilontarkan pengajar PLN yang menambah antusiasme dari para siswa-siswi ini.

Ustadzah Husnul Hotimah, salah satu pengajar TK ini menyatakan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. Husnul menuturkan bahwa dengan adanya program ini, sebagai langkah syiar Ramadan serta siswapun ditambah pengetahuannya dengan pengetahuan dasar mengenai kelistrikan.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi PLN dalam kesediaannya melaksanakan menyambut dan mengajar anak-anak kami, serta kesediaan PLN dalam berinteraksi dengan siswa-siswi TK Al Hikmah. Anak-anak kami dapat saling mengucapkan Selamat berpuasa serta memberikan hasil karya tangan mereka, sehingga anak-anak merasa senang dan bangga akan hasil usahanya menghias tempat pensil dan didengarkan di PLN. Kami yakin ini akan menambah value pada anak-anak didik kami”, ungkapnya.(Maf)