Tunjukkan komitmen Penyelesaian Interkoneksi Madura, Jelang Bulan Ramadhan PLN UIP JBTB berhasil Energize-kan SKTT 150 kV Sirkit 3 Kedinding-Bangkalan Tx

Nasional107 Dilihat

Surabaya, Jogojatim -PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) menyelesaikan infrastruktur ketenagalistrikan interkoneksi Jawa-Madura pada tanggal 21 Maret 2023 pukul 11.53 wib. PLN berhasil melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada 4 proyek strategis nasional memperkuat sistem pasokan ketenagalistrikan Madura dan mendukung pelayanan ketenagalistrikan, diantaranya GIS 150 kV Kedinding Ext, SKTT 150 kV Kedinding-Bangkalan Tx Sirkit 3, SUTT 150 kV Bangkalan-Tx dan GI 150 kV Bangkalan Ext.

Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan, Wiluyo Kusdwiharto menuturkan PLN akan terus meningkatkan keandalan Sistem kelistrikan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Madura melalui pemberian tegangan pada empat Proyek Strategis Nasional tersebut. Wiluyo juga memberikan apresiasi kepada PLN UIP JBTB atas daya upayanya serta berkat sinergitas yang baik dari seluruh PLN Group serta Pemerintah dan stakeholder terkait sehingga Infrastruktur kelistrikan ini dapat energize lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan. Wiluyo menambahkan bahwa hal ini menjadi bukti nyata PLN dalam menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Saat ini interkoneksi Pulau Madura disokong 2 sirkit yaitu satu sirkit Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Ujung- Gilitimur dan satu sirkit Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Kenjeran-Bangkalan, sehingga untuk menambah keandalan perlu dibangun kembali infrastruktur kelistrikan tambahan. Sehingga pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kedinding (Sirkit 3 & 4)-Bangkalan sangat penting untuk perkuatan keandalan kelistrikan di Pulau Madura.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah menyampaikan kendati menghadapi kendala yang cukup berat terkait pandemi covid 19 maupun tantangan sistem, namun pelaksanaan pemberian tegangan (energize) dapat dilakukan secara aman dan handal. PLN telah bekerja dengan maksimal dan sigap dalam pekerjaan hasil konstruksi, transmisi dan gardu induk tersebut. PLN UIP JBTB terus berkomitmen memberikan layanan listrik yang optimal yang sejalan dengan mendukung pertumbuhan tingkat perekonomian di Pulau Madura. Keberhasilan pengoperasian tersebut hasil nyata yang memperlihatkan kesungguhan Tim PLN dalam memberikan pelayanan terbaik demi peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik. Keandalan sistem ketenagalistrikan Pulau Madura dalam pariwisata dan area industri dapat lebih optimal dan kapasitas transmisi lebih handal karena sudah terkoneksi. Tidak hanya itu, namun kegiatan keagamaanpun dapat berjalan dengan lancar dengan peningkatan keandalan kelistrikan ini, mengingat Pulau Madura dapat diidentikan dengan masyarakat yang religius”, ungkapnya.

“Penyelesaian sirkit 3 ini, pastinya Amankan Momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah yang berkaitan erat dengan pelaksanaan acara keagamaan oleh Saudara Mayoritas Muslim dan Muslimah di Pulau Madura. Tantangan yang kita hadapi sekarang semakin berkembang dimana PLN tidak hanya dituntut untuk menyediakan layanan kelistrikan yang andal, tetapi kita juga dituntut bisa merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat. Dengan berhasilnya pemberian tegangan pertama pada insfrastruktur ketenagalistrikan ini layanan kelistrikan di sistem Pulau Madura akan semakin andal dan kepuasan pelanggan akan bisa meningkat.”, jelasnya.

Manager PLN UPP JBTB 2, David Eko Prasetyo mengungkapkan bahwa penambahan infrastruktur listrik ini sangat dibutuhkan untuk menambah keandalan kelistrikan seiring dengan perkembangan ekonomi dan konsumsi listrik yang kian menanjak di Pulau Madura. David menambahkan Ketatnya target pembangunan infrastruktur kelistrikan demi pelayanan terbaik ke masyarakat semakin mengobarkan PLN dalam berupaya terbaik dalam menuntaskan pembangunan proyek ini. Lebih lanjut David menuturkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dan dukungan unit lain PLN seperti PLN UIT JBM, PLN UPT Surabaya, PLN ULTG Surabaya Utara, PLN UPT Gresik, PLN ULTG Sampang, PLN UP2B Jawa Timur yang saling berkolaborasi dan bersinergi secara maksimal. Tidak hanya itu Pemerintah Setempat, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, Kepolisian Daerah Jawa Timur dan mitra kerja PLN lainnya yang terkait. PLN siap turut melaksanakan pembangunan Madura dengan perkuatan sistem ketenagalistrikan.

“Dengan adanya peningkatan keandalan listrik ini nantinya akan menopang dan memperlancar kegiatan masyarakat, baik kegiatan ekonomi untuk peningkatan taraf hidup maupun untuk kehidupan keberagamaan seperti kegiatan pesantren-pesantren yang dalam kesehariannya membutuhkan listrik. Pengerjaan SKTT 150 kV Sirkit 3 Kedinding-Bangkalan Tx sudah berhasil dienergize-kan dengan mengedepankan prinsip K3 sehingga berhasil energize dengan zero accident, selanjutnya PLN akan mengejar pengerjaan Sirkit 4, agar tahun ini dapat diberikan tegangan pertama sehingga keandalan kelistrikan nantinya dapat meningkat secara optimal.”, ungkapnya. (Maf)