Jalin Kolaborasi dalam IIMS 2023, PLN Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Nasional135 Dilihat

Jakarta, Jogojatim – 19 Februari 2023. PT PLN (Persero) terus menyiapkan infrastruktur penunjang ekosistem kendaraan listrik dari hulu hingga hilir. Salah satu dukungan PLN terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia melalui keterlibatan aktif dalam gelaran The 30th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PLN berkomitmen penuh dalam pembangunan ekosistem EV di tanah air. Mulai dari kerja sama dengan produsen EV, pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga layanan pemasangan home charging gratis untuk pengguna EV baru.

“Infrastruktur ini sangat penting bagi kendaraan listrik agar masyarakat tertarik beralih dari kendaraan konvensional. Karena ini adalah usaha kita bersama untuk menggunakan transportasi yang lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber energi domestik,” ungkap Darmawan.

Darmawan mengatakan, untuk pembelian EV masyarakat tidak perlu khawatir karena PLN telah bekerja sama dengan berbagai produsen EV di tanah air. Hasilnya, masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi bahkan melakukan pembelian EV dengan mudah melalui _platform Electric Vehicle Digital Services_ (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile.

“Masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik tidak perlu khawatir karena PLN telah menyiapkan semuanya. Tinggal download PLN Mobile, semua kebutuhan terkait EV ada di sana,” jelas Darmawan.

Dari segi operasional EV, PLN terus menambah jumlah SPKLU dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Saat ini PLN sudah mengoperasikan 597 unit SPKLU dan 70 unit SPBKLU di seluruh Indonesia. PLN terus mengembangkan jumlah SPKLU dan SPBKLU ini dengan menggandeng mitra bisnis.

“Sehingga ke depan ekosistem terwujud seiring dengan banyaknya SPKLU dan SPBKLU yang difasilitasi PLN,” tambah Darmawan.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa PLN secara khusus juga memberikan kemudahan, di mana setiap pembelian mobil listrik, PLN akan melakukan pemasangan _home charging_ secara gratis. Selain itu PLN juga menyediakan promo diskon untuk biaya pemasangan baru di rumah. Bahkan untuk pengisian daya pada pukul 22.00-05.00 diberikan diskon tarif listrik sebesar 30 persen.

“Pada prinsipnya PLN siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. PLN menghadirkan promo harga spesial pasang baru bagi pengguna kendaraan listrik dan diskon tarif listrik,” tutup Darmawan.

Dalam gelaran IIMS 2023 ini, PLN menyediakan _Hall_ khusus motor listrik dan _test ride_ motor listrik. PLN memamerkan berbagai produk di _booth_ antara lain 12 motor konversi BBM ke listrik yang diproduksi oleh PLN Pusharlis dan PLN Puslitbang.

PLN pada IIMS tahun ini juga akan menunjukkan kepada masyarakat beragam fasilitas kendaraan listrik SPBKLU dan SPKLU. Lewat pameran ini, PLN sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat fasilitas _home charging_ bagi para pemilik kendaraan listrik. (MAF)