Sinergi Kolaborasi Sukseskan PSN JBC JAVA BALI CONNECTION 500 kV, PLN UIP JBTB Gandeng Stakeholder Inti Laksanakan Site Survey Bersama

Nasional174 Dilihat

Banyuwangi, Jogojatim –  16 Desember 2022 – Sinergi Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), PLN eratkan koordinasi dengan stakeholder terkait. Kali ini PLN kembali perkuat koordinasi dan sinergitas dalam rangka rencana pembangunan infrastruktur PLN dengan mengadakan site survey bersama. PT Perkebunan Nusantara XII, Kantor ATR/BPN Kabupaten Banyuwangi, Dinas PUPR Kabupaten Banyuwangi, PT Bumi Suksesindo, PT Wongsorejo dan Kepala Desa setempat turut hadir dalam pelaksanaan survey bersama.(8/12)

Pelaksanaan survey lokasi bersama ini berkaitan dengan rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional Java Bali Connection 500 kV diantaranya SUTET 500 kV Paiton-Watudodol/Kalipuro, GITET 500 kV Kalipuro, SUTET 500 kV Kalipuro-Landing Point Banyuwangi, Landing Point 500 kV Banyuwangi serta adanya proyeksi pelanggan konsumen tegangan tinggi di Wilayah Kabupaten Banyuwangi. Dalam pelaksanaannya, survey lokasi bersama ini turut membahas secara teknis mengenai pengurusan perijinan, proses pengadaan lahan serta proses terkait lainnya.

Hadir dalam giat survey bersama, Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Kantor ATR/BPN Kabupaten Banyuwangi, Sarjono mengatakan bahwa pada prinsipnya BPN Kabupaten Banyuwangi memberikan dukungan penuh terhadap target pembangunan Pemerintah Proyek Strategis Nasional. Lebih lanjut Sarjono mengatakan bahwa untuk proses pengadaan tanah nantinya dapat dilakukan koordinasi intensif dan secara berkala dengan BPN.

“Kami mendukung program pemerintah pusat serta kami berharap sinergi akan selalu terjalin dengan baik. Kami yakin sesuai dengan program Pemerintah Pusat bahwa pembangunan PSN ini akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Terkait proses pengadaan lahan nantinya dapat diadakan pertemuan secara berkala untuk membahas hal-hal tersebut.”, tambahnya

Kepala Sub Bagian Hukum Aset PT Perkebunan Nusantara XII, Reno Handoyo, mengungkapkan bahwa PTPN XII mendukung program pemerintah pusat, terlebih lagi karena ini untuk kepentingan umum. Lebih lanjut Reno mengatakan bahwa terkait pengadaan tanah yang akan dipakai untuk rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan PLN, dimana melintasi kawasan PTPN XII, maka akan dibahas lebih lanjut dan akan diberlakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, menyampaikan bahwa Koordinasi dan Perkuatan sinergitas dengan stakeholder sangat penting dilakukan agar PLN, stakeholder dan Pemerintah setempat memiliki pemahaman yang sama terkait pentingnya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini, dimana dengan ditambahnya infrastruktur kelistrikan ini secara langsung akan meningkatkan keandalan kelistrikan. Pembangunan Java Bali Connection 500 kV penting dilakukan demi andalnya listrik untuk masyarakat luas, untuk itu dibutuhkan kerjasama dari semua elemen untuk mensukseskan agar pelaksanaan nantinya dapat berjalan tepat waktu sehingga nantinya dampak positifnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang diberikan para stakeholder terkait. Kami optimis dan yakin dengan sinergitas yang terjalin antara semua pihak, maka rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan akan terlaksana tepat waktu. Tahun 2025 menjadi target infrastruktur ini untuk beroperasi. Saat ini kami adakan survey bersama yang merupakan hal yang penting dalam tahapan rencana pembangunan. Dengan terlaksananya survey lokasi bersama ini, akan meningkatkan kesepahaman yang sama dan membahas terkait teknis di lapangan. Tentunya keberhasilan dari peningkatan keandalan kelistrikan ini nantinya berkat sinergitas yang terjalin dari semua elemen yang terkait” ucap Muhammad Ramadhansyah. (Dex)