ADM Perhutani Probolinggo Sidak Kesiapan Pengawalan Pekerjaan Tahun 2022

Nasional174 Dilihat

JOGOJATIM. Probolinggo – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dalam rangka pengawalan pekerjaan Tahun 2022 di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bermi Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kaliacar petak 9C dan RPH Krucil petak 34E serta BKPH Probolinggo RPH Klenang petak 29B, Sabtu (16/07).

Kegiatan tersebut diikuti Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana, Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Yayan Harianto, Asisten Perhutani (Asper) Probolinggo Slamet beserta jajarannya, Kepala Sub Seksi (KSS) Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Angga, Komandan Regu (Danru) Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) Mohammad Taufik, Staf Komper Rofik serta Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tirto Roto Suher.

Menyadari hal tersebut membuat Ida Jatiyana Administratur Perhutani probolinggo tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan pada triwulan kedua diawal Tahun 2022 ini dengan cara Trabas Alas turun gunung dan turun langsung kelapangan untuk memastikan pekerjaan sudah dapat terlaksana sesuai tata waktu.

Tanpa menghiraukan akan hari libur, Adm probolinggo beserta jajarannya ini melaksanakan pemeriksaan langsung ke beberapa titik lokasi kegiatan kerja Tahun 2022, diantaranya lokasi Tebangan B3 Sonokeling petak 9C RPH Kaliacar BKPH Bermi, Tebangan A2 jati petak 29B dan Tanaman Jati Nutrimon Tahun 2021 RPH Klenang BKPH Probolinggo.

Ida Jatiyana Adm Probolinggo yang didampingi Yayan Harianto Kasi PPB dan Slamet Asper Probolinggo menyampaikan bahwa untuk bidang produksi tebangan sudah berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja petugas dilapangan.

Selain itu dibidang lain yaitu tanaman jati nutrimon yang ada di petak 29B RPH Klenang BKPH Probolinggo juga sudah sesuai dengan yang direncanakan dan hasilnya sangat memuaskan.

Dilokasi Tanaman Jati Nutrimon, Ida menjelaskan bahwa tanaman Jati nutrimon diharapkan pertumbuhannya melebihi pertumbuhan normal dari 1 meter menjadi 3 meter.

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kondusifitas dalam bidang tanaman dan bidang produksi yaitu ditebangan.

Sementara dilokasi yang sama Yayan Harianto Kasi PPB menyampaikan dalam rangka kegiatan tebangan perlu pemahaman yang sama antara mandor, penguji, TPK dan pihak pemasaran harus selalu berkomunikasi.

“Untuk mendapatkan nilai yang tinggi tentunya tebangan harus Bucking Policynya berorientasi pada nilai dengan cara mengoptimalkan potongan-potongan kayu yang panjang dan sesuai permintaan pasar, pemahaman dilapangan tidak hanya sebatas volume tetapi kayu bagaimana terserap oleh pasar, agar semua tebangan dioptimalkan sehingga permintaan pasar bisa dilayani dengan sebaik mungkin,” jelasnya.

Manajemen Perhutani KPH Probolinggo berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan oleh jajaran dilapangan.

Ditempat yang sama, Suher Ketua LMDH Tirto Roto menyampaikan terimakasih atas perhatian terhadap pekerjaan yang selama ini sudah terlaksana baik dibidang tebangan dan tanaman, “Semoga kedepan Perhutani KPH Probolinggo jadi yang terbaik,” terangnya.

Semangat dengan semboyan Perhutani KPH Probolinggo yaitu Yakusa, Yakin Kita Bisa, demikian pula dengan tanggungjawab yang harus dilaksanakan oleh segenap Rimbawan Perhutani Probolinggo dalam rangka mempertahankan kehormatan dan nama baik sekaligus meningkatkan prestasi kerja setelah masa kerja Tahun 2021 silam. Red