Dinsos Jatim Melalui UPT RSBN Malang, Layani Masyarakat dan Penyandang Disabilitas Sosial

Daerah, Pemerintahan135 Dilihat

JOGO JATIM.COM || SURABAYA – Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang, layani pada masyarakat dan keluarga penyandang disabilitas sosial. Kepedulian ini berupa memberikan layanan Janeta (Jasa Layanan Netra) Mobile Unit, yang merupakan inovasi yang dikembangkan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur,

Tujuan Janeta tersebut yakni mendekatkan akses pelayanan dan penjangkauan penyandang disabilitas, khususnya disabilitas netra yang berada di pelosok-pelosok, desa dan di kelurahan.

“Janeta mobile unit di UPT RSBN Malang, satu-satunya yang ada di Jawa Timur. Di Indonesia ada 4. Karena hanya 1 khusus melayani penyandang disabilitas tuna netra, maka kita (UPT RSBN Malang) jangkau kesana, untuk mereka agar memperoleh pelayanan disabilitas,” ujar Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, S.Sos, MPSSp, saat memberikan keterangannya pada hari Kamis, (14/4/2022).

Firdaus menjelaskan, sejak dilaunching pada April 2020 lalu, Janeta telah hadir secara berkala di 14 Kota/Kabupaten di Jawa Timur, dengan total 245 penerima manfaat.

“Yang terbaru 2022, Janeta mengalami peningkatan penambahan. Satu-satunya inovasi yang melayani disabilitas bisa lolos di Top Nine Ten Nine atau tingkat Nasional,”katanya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh 40 penyandang disabilitas, 12 di antaranya disabilitas netra. Dengan range usia anak 1Tahun -12 Tahun dan usia dewasa 20 Tahun -47 Tahun.

Dalam Janeta dihadirkan kegiatan konseling dan pelatihan vocational keterampilan bagi penyandang disabilitas. Di antaranya Activity Daily Living (ADL), pembuatan keset, membaca dan menulis braille, pijat, orientasi mobilitas, konseling dan asesmen. @Java.