Wujudkan Transparansi, Pemdes Pranti Pasang Baliho APBDes

Pemerintahan127 Dilihat

JOGOJATIM, Sidoarjo – lnstruksi Mendes PDTT agar setiap desa memasang baliho APBdes yang memuat rincian anggaran Dana Desa (DD), Alokasi dana desa (ADD), Pendapatan asli desa (PAD), bertujuan agar warga dapat mengetahui dan paham penggunaan anggaran dalam setiap tahun anggaran.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pranti Kecamatan Sedati. baliho APBDes tahun 2022 itu dipasang di samping kantor pelayanan desa Pranti, Pejabat (PJ) Kepala Desa Pranti Trilaksono Budi Santoso SH. mengatakan pemasangan baliho APBDes ini karena pentingnya transparansi kegiatan pembangunan.”Khususnya dalam penggunaan dan pengalokasian DD-ADD serta kegiatan yang telah dilakukan,”katanya, Kamis (27/01/2022).

“Sehingga rincian anggaran kegiatan yang telah dilakukan dan dilaksanakan bisa mewujudkan pemerintahan desa yang bersih,”tambahnya.

Sekretaris Desa Pranti Subkhan SE menambahkan, dengan pemasangan baliho APBDes, pemdes ingin menunjukkan bahwa dalam setiap pengelolaan selalu transparan. Dengan demikian, masyarakat juga dapat mengetahui rincian pengelolaannya.

“Transparansi anggaran desa merupakan bentuk pertanggungjawaban kami untuk menjawab pertanyaan warga tentang realisasi penggunaan anggaran,”katanya.

Melalui pemasangan baliho informasi transparansi APBDes itu, warga dapat mengetahui, mendukung, dan ikut mengawasi program pembangunan desa dalam setiap tahun anggaran. ( Fajar )