Wabup Sidoarjo, Subandi : Jembatan Kali Centel penghubung Semampir dan Tambak Sawah Sangat Memprihatinkan

Pemerintahan222 Dilihat

JOGOJATIM, Sidoarjo – Rusaknya jembatan kali centhel yang merupakan penghubung Desa Semampir dan Desa Tambak Sawah, di Sidak Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, Rabu (06/10/2021).

Dalam Sidak Jembatan ini Wabup Subandi didampingi Plt Kadis PU Sidoarjo, Forkopimcam, Kepala Desa Semampir, Koramil Sedati, dan Polsek Sedati.

Wabup menyampaikan, Jembatan penghubung Desa semampir dengan Desa Tambak sawah, untuk sementara di lakukan perawatan dulu, kalau nanti perawatan masih tidak efektif, tahun 2022 akan dibangun Jembatan yang bagus.

Subandi mengharapkan, dengan dilakukanya perawatan, Jembatan bisa lebih maksimal, dikarenakan Jembatan kali centhel ini, akses sangat padat,”ucapnya.

Plt Kadis PU Sidoarjo, Ir.H.Sigit setyawan, MT menambahkan” Terkait aktifitas warga yang terganggu atas rusaknya jembatan, segera melengkapi Survei, setelah DPA perubahan sudah disetujui, akan mulai pelaksanaan pemeliharaan dengan perbaikan. Untuk pelebaran dan pembangunan jembatan Baru akan ditentukan dan diusulkan tahun 2022.

Camat Sedati Abu Dardak menambahkan, Jembatan yang rusak dan memerlukan perawatan di Sedati ada di Desa Semampir dan Desa Tambak Sawah, Seluruh Perencanan pembangunan di desa wilayah Kecamatan Sedati, di sinergikan dan dikordinasikan ke Pemkab Sidoarjo dan sudah menjadi kewajiban kami,”tambahnya.

Kepala Desa Semampir Luqman Mualim menjelaskan, kerusakan Jembatan kurang lebih sudah dua tahun lalu, perbaikan dan penambalan sudah pernah dilakukan, tapi jembatan tetap rusak lagi.

Untuk sementara ini ditengah jalan jembatan dikasih drum semacam pemberitahuan, supaya masyarakat yang melintasi jembatan tahu kalau jembatan dalam kondisi rusak.

Lanjut Luqman, jembatan tersebut yang dibangun dengan swadaya masyarakat sejak tahun 1994. Jembatan itu merupakan salah satu akses yang menghubungkan Desa Semampir dan Tambak Sawah. Setiap hari digunakan lalu lalang masyarakat untuk akses perekonomian. Namun, saat ini kondisi jembatan memprihatinkan.

Selain terdapat sejumlah lubang, jembatan tersebut juga nampak lebih rendah. Warga khawatir apabila tak segera mendapat perbaikan, jembatan akan ambruk dan menimbulkan korban jiwa,”tutupnya.(fajar)