Kapolri Tinjau Vaksinasi Serentak 114 Titik di Provinsi Jawa Timur

Nasional, TNI - POLRI128 Dilihat

JOGOJATIM. Jatim – Dalam hal ini, sesuai instruksi dari Bapak Presiden beberapa waktu lalu agar seluruh masyarakat Indonesia sudah ter-Vaksin.

Maka Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Massal Serentak di 114 titik di 38 Kab/Kota Provinsi Jawa Timur, Sabtu 11 September 2021.

Kapolri kala itu menyebutkan, hal terkait kegiatan Vaksinasi Massal ini. Karena target Presiden Jokowi tentang suntikan Vaksin 2 juta per- hari segera tercapai.

” Perihal mencapai angka 2 juta suntikan per-hari adalah kurang lebih bisa 300 ribu orang di Vaksin. Kemarin saja wilayah Jawa Timur sudah mencapai angka 280 ribu.

Maka harapan kami, hari ini angka 300 ribu orang bisa tercapai atau terpenuhi,” tutur Sigit saat meninjau Ponpes An-Nur II Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bahkan Kapolri berharap, seluruh elemen di Jawa Timur agar dapat mempertahankan Tren Positif ini. Sehingga pencapaian Kekebalan Komunal sebagaimana target dari Pemerintah dalam penanganan dan pengendalian covid19 ini.

” Mudah-mudahan ini bisa lebih, sehingga tentunya dalam target pencapaian ini betul-betul bisa tercapai. Kemudian kedepan agar terus dipertahankan,” tandas Sigit.

Bahkan Kapolri menyampaikan, Apresiasi dan rasa terima-kasih, kepada Pemda, Dinas Kesehatan, personil TNI-Polri, Relawan dan Elemen Masyarakat, yang telah bekerja keras menurunkan laju pertumbuhan covid19 tersebut.

” Sehingga sampai saat ini BOR di Jatim mencapai angka di bawah rata-rata Nasional sekitar 16-17an. Kemudian Positivity Ratenya juga sudah dibawah rata-rata Nasional, jadi ini adalah kerja luar biasa,” ungkap Sigit.

Namun kendati demikian, Kapolri tetap menekankan, seluruh pihak untuk tetap tidak lengah, manakala ketika terjadi penurunan kasus harian virus seperti sekarang ini. Menurut beliau, pengawasan dan penegakan Protokol Kesehatan harus tetap terus dilakukan sekuat mungkin.

” Yang perlu saya ingatkan, dengan adanya penurunan dari Level di beberapa wilayah itu, ada yang turun ke Level 3 dan ke Level 2, atau juga bisa turun ke Level 1. Hal ini juga kemudian akan di ikuti Pelongaran bagi masyarakat yang melaksanakan Aktivitas.

Sehingga yang perlu Saya ingatkan walaupun angka turun dan juga di ikuti kelonggaran yang ada. Maka Saya bersama Panglima pesan, untuk penegakan Prokes harus tetap kuat,” papar Sigit.

Selain itu, Sigit menyebut, kegiatan Vaksinasi terhadap masyarakat itu perlu juga harus terus diperkuat kedepannya. Bahkan khususnya Pengoptimalan kepada wilayah Aglomerasi tersebut.

” Ini betul-betul harus bisa di jaga, Antisipasi Kelonggaran yang ada tetap perkuat Prokes, tetap Wajib Pakai Masker dan bagi yang belum Vaksin agar ajak saudara-saudara, ajak juga masyarakat yang masih takut atau ragu-ragu untuk mau melaksanakan Vaksinasi. Dalam kesempatan ini, Saya serukan, ayo Vaksinasi, ayo tetap pakai Masker,” tegas Sigit.

Dalam kesempatan ini, Panglima dan Kapolri menyapa langsung secara virtual di beberapa wilayah yang menggelar Vaksinasi Massal Serentak. Mereka menanyakan langsung soal target dan capaian terkait dengan kegiatan tersebut.

Tak hanya itu, Panglima bersama Kapolri sebelumnya juga meninjau secara langsung Vaksinasi Massal di Kampus Cor Jesu, Kota Malang, Jawa Timur. Bahkan mereka juga mendistribusikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid19. (Red/Bertus).