BKKBN Bersama Mitra Kerja Peringati Hari Kartini Melaksanakan Pelayanan Kontrasepsi MKJP Secara Serentak di Siarkan langsung melalui virtual di Seluruh Indonesia

Kesehatan, Nasional306 Dilihat

JOGOJATIM, Sidoarjo – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2021 Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama mitra kerja yaitu IBI dan BAZNAS melaksanakan Pelayanan Kontrasepsi MKJP (IUD dan Implant) dan Non MKJP (Suntik dan Pil) secara serentak di seluruh Indonesia.

Acara Launching kegiatan Pelayanan KB Serentak dan Pelayanan IVA test, akan dilaksanakan oleh BKKBN Pusat pada Rabu, 21 April 2021 bertempat di Kabupaten Bantul DIY, yang akan disiarkan secara langsung melalui virtual.

Dalam kegiatan tersebut, ada kegiatan Dialog Interaktif antara Kepala BKKBN dengan Pimpinan BAZNAS dari 3 (tiga) provinsi yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kontrasepsi Serentak tersebut, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kepulauan Bangka Belitung dan Sulawesi Selatan.

Khusus di Jawa Timur, kegiatan dilakukan di semua fasilitas Kesehatan KB dengan sasaran Pasangan Usia Subur (PUS) yang belum terlayani KBnya. Pelayanan KB tersebut dilaksanakan secara gratis dengan menggunakan dukungan pembiayaan BPJS atau dan DAK BOKB / APBD.

Kegiatan Pelayanan tersebut bekerja sama dengan IBI / Bidang setempat dan diharapkan setiap Praktik Mandiri Bidan dapat melaksanakan pelayanan KB minimal 5 (lima) orang akseptor, dan pelayanan KB PP minimal 50% dari jumlah persalinan yang ada. Kegiatan ini pula dapat dilaksanakan di Fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing daerah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di 38 Kabupaten / Kota Se- Jawa Timur dan dipusatkan di Kabupaten Sidoarjo tepatnya di Rumah Sehat BAZNAS Kecamatan Sukodono pada Rabu, 21 April 2021 .

Pada kesempatan tersebut, hadir jajaran Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang diwakili oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sidoarjo dan jajaran Muspida Sidoarjo, BAZNAS Sidoarjo beserta jajarannya, Kepala OPD KB Kabupaten Sidoarjo beserta jajarannya, dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan didukung oleh tenaga lini lapangan KB (PKB, PLKB, Kader KB).

Pada hari ini, juga dilakukan kegiatan Pelayanan KB yang dilakukan oleh tenaga-tenaga provider dari IBI Sidoarjo dirumah sehat BAZNAS Sidoarjo dengan terlayani 21 Akseptor pelayanan IVA yang dipasang IUD /implant. @red